Jenis Tari Tarian Tradisional Di Bali | SEWA MOBIL DI BALI, RENTAL MOBIL DI BALI MURAH

sewa mobil murah di bali

Jenis Tari Tarian Tradisional Di Bali

Jenis Tari Tarian Tradisional Di Bali Yang Sering Diperagakan

sewa mobil di bali puri bali tari rejang

Bali terkenal akan tari tarian tradisionalnya yang sangat indah,gemah gemulai penarinya serasi dengan gamelan atau biasa di sebut gong. Untuk orang awam memang sangat susah mempraktekkan tari Bali,karena hampir semua anggota tubuh ikut bergerak mengikuti alur musik gamelan. Mulai dari mata yang bergerak ke kiri ke kanan sembari melotot,tangan,kaki,pinggul. Dan haruslah tidak boleh kaku,tapi lemah gemulai harmonis dengan gamelan atau gong yang mengiringinya.

 

Tari tradisional Bali pada intinya dapat dikatagorikan menjadi 3 bagian antara lain :

 

1. TARI WALI

Tari Wali ini adalah tari sakral, hanya dipentaskan pada saat ada upacara keagamaan khususnya Dewa Yadnya yaitu upacara adat sebagai bagian dari prosesi persembahyangan memuja Tuhan Yang Maha Esa, biasanya diadakan di pura pura tertentu dalam kurun waktu tertentu secara berkala setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Beberapa tarian tradisional Bali yang bisa dikategorikan tari wali,antara lain :

A. Tari Rejang 

Tari Rejang harus dibawakan oleh sekelompok gadis (penari wajib masih gadis/perawan). Merupakan tarian suci sebagai ungkapan bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

B. Tari Sang Hyang Dedari 

Biasanya dibawakan oleh sekelompok anak anak perempuan yang belum menginjak dewasa.

Tari ini kental akan nuansa magis,karena para penari biasanya akan kerasukan roh,lupa akan diri tetapi luar biasanya para penari tetap menari dengan lemah gemulai dan teratur. Tarian ini dipentaskan bila di suatu desa atau daerah di Bali,terjadi musibah misalkan wabah penyakit,kekotoran akibat ulah manusia,serangan hama dan lain sebagainya,yang pada intinya bertujuan untuk menolak bala sekligusb memohon berkah.

 

C. Tari Pendet 

Dibawakan secara berkelompok oleh para wanita dewasa. Tujuan tari ini dipentaskan adalah sebagai salah satu bagian dalam prosesi persembahyangan untuk menyembah Tuhan Yang Maha Esa,saat menjemput Dewa Dewi atau Batara Batari yang turun ke bumi. 

 

D. Tari Baris 

Tari Baris dibawakan oleh sekelompok penari pria. Gerakan tari ini seperti sekelompok prajurit dengan gerakan tegap dan kuat. Tari ini sebagai simbolis pengawalan terhadap para Batara Batari,Dewa Dewi saat turun ke bumi.

 

2. TARI BEBALI

Tari Bebali adalah tari tradisional Bali yang dipentaskan sebagai sarana pelengkap prosesi upacara keagamaan. Tari bebali termasuk sakral akan tetapi ada juga dibeberapa bagian diselingi hiburan,nasehat maupun pesan moral yang sarat akan ajaran kebajikan dan kebaikan.

Beberapa tarian tradisional Bali yang bisa dikategorikan tari bebali,antara lain :

A. Tari Gambuh

Tari Gambuh lebih banyak menampilkan alur cerita atau di Bali disebut sendratari. Sendratari adalah seni tari yang memadukan seni tari,dialog, sastra dan seni drama.

 

B. Topeng Sidakarya

Tari ini biasanya ditampilkan pada saat upacara keagamaan telah usai,sebagai perwujudan rasa syukur atas telah tuntasnya suatu upacara keagamaan. Diperagakan oleh sekelompok orang dengan menggunakan tapel atau topeng.

 

3. TARI BALI BALIHAN

Tari Bali Balihan adalah seni tari yang dipertunjukkan dengan tujuan untuk unsur keindahan dan menghibur. 

Beberapa tarian tradisional Bali yang bisa dikatagorikan tari wali,antara lain :

 A. Tari Kecak

Tari Bali yang satu ini sangat terkenal untuk hiburan, seperti anda bisa saksikan di objek wisata Uluwatu,Tanah Lot. Mengisahkan cerita pewayangan Ramayana.

Diperagakan secara kolosal duduk melingkar,tokoh utamanya  yaitu Hanoman,Rama,Dewi Sita,Rahwana dan lain lain menari di tengah-tengan dengan paduan irama suara cak (suara ini darinpara penari yang duduk melingkar tersebut). Jadi tari kecak ini tanpa diiringi gamelan atau gong sama sekali.

 

B. Tari Legong

Tari legong merupakan salah satu tarian yang sudah sangat tua umurnya,diperagakan dengan diiringi gamelan Semar Pagulingan. 

Beberapa jenis tari Legong diantaranya :

– Tari Legong Kraton (Lasem)

– Jobog

– Legod Bawa

– Kuntul

– Smaradahana 

– Sudarsana.

 

C. Tari Janger

Tari ini mempertintonkan keceriaan,dikenal juga dengan tari pergaulan. Diperagakan oleh sekelompok penari lelaki dan perempuan.

 

D. Tari kebyar

Tari Kebyar bisa diperagakan sendiri maupun beramai ramai,dengan diiringi gamelan/gong kebyar. 

Ada 2 jenis tari Kebyar antara lain : 

– Tari Gong Kebyar Duduk

– Tari Gong Kebyar Terompong

– Tari Gong Kebyar Oleg Tamulilingan

 

E. Tari Barong

Tari Bali yang dipentaskan dengan memakai kostum seekor binatang berkaki empat berwujud Barong, Barong sendiri adalah simbol dari kekuatan Tuhan yang melambangkan kebaikan. Sednagkan Rangda musuhnya,melambangkan kejahatan. 

 

Jika anda berkeinginan menyaksikan tari tarian tersebut, kami Puri Bali Car Rental siap menemani anda untuk mengantar ke lokasi tari tarian tersebut diatas dipentaskan.