sewa mobil di bali

Kelebihan Dan Kekurangan Rental Mobil Di Bali Self Drive Atau Stir Sendiri Dengan Sopir Atau Driver

Kelebihan Dan Kekurangan Rental Mobil Di Bali Self Drive Atau Stir Sendiri Dengan Sopir Atau Driver

 

Seperti yang kita bersama ketahui,akses jalan di banyak lokasi di Bali bisa dikatakan kecil,terutama di seputaran Kuta,Legian,Seminyak,Kerobokan terlebih di daerah Ubud.
Jika anda tidak terbiasa mengendarai mobil self drive atau stir mobil sendiri,bersiaplah untuk stres,keringat dingin,deg degan bahkan emosi.
Kenapa? Karena di samping akses jalan di Bali yang kecil/sempit dimana tentu saja anda harus terbiasa mengendarai mobil dengan kondisi jalan,kebiasaan berlalu lintas pengendara mobil maupun sepeda motor seperti di Bali yang terkadang ugal ugalan,tidak mau mengalah.
Jumlah sepeda motor yang sangat banyak terkadang di samping kanan,disamping kiri,depan maupun belakang penuh dengan pengendara sepeda motor.
Belum lagi saat berpapasan dengan kendaraan lain di jalan sempit yang mengharuskan kita ekstra hati hati.
Menyalip dengan kondisi jalan yang sempit,diperlukan keahlian dan keberanian ekstra.
Perasaan stres,khawatir,deg degan,emosi dan lain sebagainya tentu akan muncul karena mungkin penyebabnya anda menyewa mobil self drive/stir sendiri,dimana resiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan,anda akan menanggung segala kerusakan atas mobil yang anda sewa tersebut.
Bagaimana anda bisa menikmati liburan anda di Bali jika segala perasaan khawatir,kesal juga lelah muncul karena anda melakukan sewa mobil sistem self drive atau stir sendiri.
Niat ingin lebih irit justeru akan berakibat fatal karena menanggung resiko kerusakaan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan atau minimal liburan anda tidak akan bisa enjoy karena anda disibukkan dengan stir sendiri yang tentu saja menguras tenaga dan pikiran.

Kenapa anda tidak melakukan sewa mobil dengan sopir atau driver?

Anda tinggal duduk santai,menikmati pemandangan sepanjang jalan,bersenda gurau dengan keluarga tanpa dipusingkan dengan segala keluh kesah yang muncul akibat stir sendiri diatas.
Resiko menanggung kerusakan mobil jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa dikatakan 0 persen,karena segala resiko ditanggung perusahaan.

Masalah biaya,beda beda dikitlah,sebanding dengan kenyamanan yang di dapat.
Biasanya sewa mobil lepas kunci di Bali untuk mobil sekelas MPV seperti Avanza Rp.200.000./24 jam (anda tentu tidak akan berkelana selama 24 jam kan? Butuh istirahat,jenuh dan lain sebagainya)
Biaya bensin minimal Rp.100.000.
Bandingkan jika anda menggunakan sewa mobil dengan sopir atau driver,tarif bianya Rp.400.000./10 jam (dalam durasi 10 jam,anda sudah bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali,hari sudah keburu sore,anda tentu ingin beristirahat atau menikmati suasana hotel,berenang,bersantai,dan malamnya bisa jalan di sekitar hotel tempat anda menginap)
Jadi perbedaan waktu self drive dan pakai driver antara 24 jam dengan 10 jam sebenarnya bukan masalah karena efektif anda keliling ke tempat wisata maksimal 10 sampai dengan 12 jam (jika 12 jam anda hanya menambah biaya overtime Rp.40.000./jam)
Jadi anggap sewa mobil self drive membutuhkan biaya Rp.200.000. (Sewa mobil) + Rp.100.000. (Bensin) = Rp.300.000.
Jika sewa mobil dengan sopir atau driver Rp.400.000./10 jam sepertinya sebanding dengan manfaat dan kemudahan yang didapat.
Sangat banyak kejadian para wisatawan yang datang ke Bali menggunakan mobil sewa self drive dan akhirnya menyesal,ya karena alasan tersebut diatas.
Niat ingin irit Rp.100.000. ternyata harus mengganti biaya klaim asuransi minimal Rp.300.000. dan mengganti biaya selama mobil dalam masa perbaikan dimana dianggap todak kerja/tidak menghasilkan. Perbaikan di bengkel biasanya membutuhkan waktu relatif lama,bisa 1 minggu sampai 1 bulan tergantung tingkat kerusakan.
Bayangkan anda harus mengganti biaya tidak jalannya mobil karena masih dalam proses perbaikan 1 minggu (perkiraan proses perbaikan minimal),itu sudah menguras kantong anda Rp.1.400.000. ditambah biaya klaim asuransi Rp.300.000. tadi,jadi total Rp.1.700.000.
Sesuatu yang sangat tidak efisien meski maksud awalnya ingin efisiensi.

Akan tetapi semuanya tentu berpulang kepada anda untuk memutuskan segala sesuatunya,ingin menggunakan sewa mobil self drive/stir sendiri atau menggunakan sopir atau driver,dengan segala kelebihan maupun kekurangan masing masing sistem sewa mobil di Bali.

Salam